Senin, 24 Oktober 2011

Berburu Pelangi

          Berburu pelangi. Siapa yang tak suka melihat pelangi? Siapa yang acuh kala muncul pelangi? Kalau ada, yang pasti saya bukan salah satunya. Saya suka pelangi, suka sekali.
            Umumnya, kita menyukai pelangi, saya yakin Anda juga. Sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kita patut berbangga, berbahagia dan mensyukuri bisa melihat dan menikmati yang namanya pelangi.
          Namun, bila ditelaah lebih dalam, pelangi tidak muncul sembarangan lho. Memang, pelangi datang di saat cerah, tapi bukan cerah sembarang cerah. Pelangi muncul di saat cerah yang lebih bermakna. Yaitu saat cerah sehabis hujan mendera. Bisa jadi, pelangi muncul setelah bergantiannya hujan dan cerah menyapa dunia. Sering kali, pelangi malah tidak muncul-muncul sehabis hujan, padahal banyak orang yang mengharapkannya, termasuk saya mungkin. Sering juga, pelangi muncul tanpa disangka-sangka, saat banyak orang tidak mengharapkannya. Jadi, bisa dikatakan, pelangi muncul dari sebuah proses yang bisa sebentar, bisa juga panjang. Ya, hasil dari sebuah proses, hujan dan cerah, basah dan kering.
          Lalu apa hubungannya dengan saya? Saya menyadari, pelangi itu ibarat bahagia. Bahagia lebih bermakna jika saya menyadari itu hasil dari proses yang saya lakukan. Proses yang sebagian besar orang menyebutnya dengan, 'perjuangan'. Perjuangan dalam hal apa? Apa pun, selama proses itu berujung dengan kebahagiaan, itulah pelangi! Saya menemukan banyak pelangi dalam semua proses kehidupan. Berkeluarga, bekerja, berhubungan dengan orang lain dan lainnya. Contoh, ketika saya berhasil membangun keakraban dengan orang lain, itulah pelangi saya. Ketika saya dipromosikan dalam pekerjaan, itulah pelangi saya. Ketika keluaga saya mengatakan bahwa mereka sayang kepada saya, itulah pelangi saya.
          Nah, saya baru saja siuman dari ketidaksadaran saya akan pelangi. Sekarang, saya selalu ingin mendapatkan pelangi di setiap proses kehidupan saya. Saya harap Anda juga seperti itu. Banyak pelangi menunggu Anda, dan berada dekat sekali dari Anda. Dan saya pastikan, semakin banyak pelangi yang Anda raih, Anda akan menjadi seseorang yang lebih bermanfaat dari sebelumnya..


Bandung, 24 Oktober 20011
Ary Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar