Jumat, 21 Oktober 2011

Si ADDIE


Punya seorang sobat? Teman yang tidak pernah lepas dari Anda? Kemana-mana selalu ingin ikut Anda, tak hiraukan pagi, siang, sore, malam, bahkan dini hari sekali pun, ia ingin selalu bersama Anda. Nah, jika Anda bertanya-tanya, apakah memang ada teman dekat yang seperti itu, saya ingin memperkenalkan teman karib saya sejak, hmm.. kira-kira delapan tahun yang lalu. Namanya ADDIE.
          Siapa sih ADDIE ini sampai bisa bisanya mendampingi saya bagai bayangan. Wow, ADDIE lebih dari sekedar bayangan. Justru ia tidak terlihat sama sekali. Karena ADDIE saya simpan baik-baik di dua bagian penting dalam diri saya, kepala dan dada. ADDIE sering bermain dan berpindah-pindah di antara kedua bagian itu. Sering jadi isi kepala, sering pula menjelma menjadi isi hati saya. Begitu hebatnya si ADDIE ini?
          Mau tahu kepanjangan nama sobat saya ini? ADDIE, Analisa Desain Develop Implementasi Evaluasi.
ADDIE berperan besar dalam semua keseharian saya. Misalnya, ketika saya memutuskan untuk membeli rumah.
ADDIE melalui daya analisanya, membantu saya melihat dan menelaah lingkungan tempat saya tinggal nanti.
ADDIE dengan kemampuan desainnya, membantu saya untuk merencanakan, membuat pola dan cara bagaimana saya bisa mendapatkan rumah itu.
ADDIE dengan daya developnya, membantu saya untuk mulai membangun hal-hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan rumah itu menjadi milik saya.
ADDIE dengan daya implementasinya membantu saya menjalankan apa yang sudah saya rencanakan.
Dan ketika rumah itu sudah sah menjadi istana saya dan keluarga, ADDIE dengan daya evaluasinya rajin mengingatkan saya agar merawat dan membenahi rumah mungil itu. 
Buat saya, ADDIE adalah wujud kekompakan antara isi kepala dan isi hati saya. Ibarat jembatan, ADDIE menjadi penghubung di antara keduanya. ADDIE sudah banyak berperan penting dalam hidup saya, terutama ketika saya membutuhkan kerja sama isi kepala dan isi hati. Saya punya ADDIE, apakah Anda punya sobat terbaik seperti ADDIE? Thanks ADDIE, always be part of me..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar